Wednesday, May 15, 2013

Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Gigi
Peneliti Amerika dari University of Michigan membuat daftar yang berisi makanan terbaik bagi kesehatan gigi, sebab makanan memang berpengaruh terhadap masalah gigi dan kesehatan secara umum.

Dikutip dari Geniusbeauty, berikut ini adalah daftarnya:

    Strawberri

Buah berwarna merah segar dengan rasa yang agak kecut ini dilengkapi dengan mikro elemen yang mampu memutihkan gigi. Telah sejak lama buah ini dianggap sebagai cara terbaik mencegah penyakit gigi apapun. Bahkan oleh kedokteran di Barat dan Timur.

    Produk susu

Konsumsi produk susu secara teratur pun dinyatakan sebagai faktor kunci dalam menjaga kesehatan enamel gigi. Ini tentu karena kalsium yang ada di dalamnya, yang merupakan bahan konstruksi utama tulang dan gigi. Selain itu, ada juga kozein dan hidroksiapatit. Kedua zat itu merupakan protein dan mineral yang melindungi gigi dari penyakit dan kerusakan.

    Permen karet non gula

Permen karet membantu menjaga kesehatan gigi karena merangsang munculnya air liur / saliva, yang adalah pembersih alami bagi enamel gigi. Pilihlah permen karet non gula yang mengandung xylitol, karena ia menghancurkan bakteri berbahaya dalam mulut.

    Minum air

Aneh, sebab air menjadi elemen yang paling penting dari kesehatan gigi. Namun hanya air jernih saja yang termasuk di dalamnya. Bukan teh, kopi, atau minuman lainnya. Konsumsilah air minum dalam jumlah yang ideal, sebab dehidrasi membuat resiko penyakit mulut, pembentukan karies gigi, menjadi 2 kali lebih tinggi.

    Sayuran berdaun

Saat mengunyah sayuran, gigi ditutupi partikel mikroskopis dari sayuran yang mirip xylitol. Mereka berkontribusi terhadap penyerapan kalsium yang lebih baik, dan menjaganya tetap sehat