TifaniAnglila.Com - Agar bisa menikmati pekerjaan, seseorang harus menemukan tempat bekerja yang sesuai dengan karakter dirinya. Hal itu diungkapkan oleh peneliti dari University of Zurich.
Seperti yang dilansir dari Business News Daily, peneliti menyebutkan pekerjaan akan dianggap sempurna jika seseorang merasa cocok ketika menjalaninya. Termasuk di dalamnya ketika pegawai mampu mengembangkan perilaku positif seperti kontrol diri, kerja tim, dan kebaikan antar teman kerja.
Peneliti sebelumnya telah melakukan dua survey yang berbeda. Pertama, mereka melibatkan 1.000 pegawai yang membahas tentang perasaan positif terhadap pekerjaan yang dilakukan. Kemudian yang kedua, peneliti menganalisis bagaimana lingkungan kerja mempengaruhi sikap positif itu sendiri.
Hasilnya, peneliti menyimpulkan kalau pegawai yang mampu mengembangkan perilaku positif mereka ketika bekerja akan membuat hal yang dilakukannya menjadi lebih memuaskan. Selain itu, pegawai juga akan menganggap pekerjaannya sebagai hal yang sempurna dalam hidupnya.
"Dari penelitian ini, kita tahu bahwa kekuatan karakter pegawai adalah kunci utama dari mengartikan pekerjaan yang sempurna bagi pegawai. Atasan dan pegawai pun bisa menciptakan suasana tersebut untuk mengembangkan perusahaan," tulis kepala peneliti Claudia Harzer dan Profesor Willibald Ruch dalam Journal of Happiness Studies.
Peneliti juga menyampaikan kalai hasil penelitian mungkin bisa bermanfaat ketika memilih pegawai. Sebab dari sana perilaku positif calon pegawai bisa menentukan apakah nantinya mereka merasa puas bekerja di perusahaan atau tidak.
Artikel keren lainnya: